Pages

Tuesday

Rupiah Menurun Lagi???



Jakarta (ANTARA) - Nilai tukar rupiah yang diperdagangkan terhadap dolar AS melemah 15 poin, meski demikian pergerakkannya masih dalam kisaran yang terbatas seiring penjagaan nilai oleh Bank Indonesia agar tetap stabil.
Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS antarBank Jakarta pada Selasa sore melemah ke posisi Rp8.850 atau turun 15 poin dibanding hari sebelumnya Rp8.835.
"Rupiah bergerak melemah terhadap dolar AS hari ini, namun pergerakannya masih dalam kisaran terbatas dikarenakan pelaku pasar belum cukup aktif melakukan transaksi seiring perekonomian global yang belum stabil," ujar analis pasar uang Monex Investindo Futures, Johanes Ginting di Jakarta, Selasa.
Ia mengatakan, Bank Indonesia masih berkomitmen untuk menjaga rupiah agar tetap stabil, dikarenakan kondisi global yang belum kondusif. (baca postinganku yang lalu. Selengkapnya)
"Perekonomian global masih dibayangi sentimen negatif yakni utang di kawasan negara-negara Eropa, namun harapan bahwa petinggi Uni Eropa membuat kemajuan dalam mengatasi krisis hutang meredam kekhawatiran investor," kata dia.
Ia mengatakan, konferensi petinggi Eropa akhir pekan lalu mengisyaratkan pemimpin di Eropa akan segera sepakat mengenai rekapitalisasi perbankan, ditambah kemajuan dari diskusi antara Perancis dan Jerman yang mendekati titik temu terkait pemanfaatan "European Financial Stability Fund" (EFSF).
"Hal itu dianggap positif oleh pelaku pasar sehingga `market` global bergerak positif," kata dia.
Ia menambahkan, kabar sektor manufaktur Cina yang bertumbuh di bulan Oktober juga dapat menjadi salah satu katalis positif bagi pasar investasi seiring "rally" pada komoditas seperti tembaga dan minyak.
"Setiap data positif yang datang dari China cukup berpengaruh bagi global. Kondisi yang positif ini dapat memicu pelaku pasar kembali masuk ke `emerging market` termasuk Indonesia sehingga dapat mengangkat nilai tukarnya," ujar dia.
Sementara itu, kurs tengah Bank Indonesia pada Selasa (25/10) tercatat mata uang rupiah menguat terhadap dolar AS menjadi Rp8.865 dibanding pada hari sebelumnya Rp8.883.
Postingan asli bersumber dari ANTARANEWS

http://www.ikutpenasaran.tk

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih Masukan Anda Sangat Berarti bagi Kami