Pages

Saturday

Dermawan Misterius Tinggalkan Duit Rp 1 Miliar di Toilet

Hari ini aku sedang browsing  dan tertarik akan sebuah berita seperti pada judul tersebut diatas. Sebuah kejadian yang sangat mulia terjadi di sebuah kota kecil Tohuku-Jepang.  Sebuah gambaran kemuliaan hati dari seorang misterius di kota tersebut, disisi lain adalah suatu cermin sebuah kejujuran masyarakat kota tersebut yang patut kita angkat jempol.
Seorang dermawan yang tidak ingin diketahui identitasnya meninggalkan uang sebesar 10 juta yen atau sekitar Rp 1,17 miliar di sebuah toilet umum, untuk penyandang cacat di pusat perbelanjaan Sakado, Jepang.
Uang sebesar itu dibungkus dalam tas plastik dan ditemukan pada 22 September. Tumpukan uang ini disertai tulisan pesan yang berbunyi, "Saya sebatang kara. Saya tidak mempunyai masa depan jadi biarkan warga Tohuku menggunakan uang ini."
Tohuku adalah wilayah Jepang bagian utara yang diguncang gempa bumi dan tsunami Maret lalu. Para pejabat Sakado mengatakan gerak-gerik dermawan tidak terdeteksi.
"Tidak ada saksi mata dalam peristiwa ini dan kita tidak bisa mereka-reka orang seperti apa yang melakukan ini," jelas juru bicara pemerintah daerah Sakado, Masumi Sekiguchi.
Dia menambahkan, pihak berwenang betul-betul terkejut dan berterima kasih atas kebaikan hati dermawan misterius tersebut. Mereka berencana menyerahkan uang tersebut kepada Palang Merah Jepang bila tidak ada yang mengaku dalam waktu tiga bulan.
Bencana alam dasyat di Jepang baru-baru ini telah menunjukkan kemurahan hati dan kejujuran rakyat negara itu, lapor wartawan BBC di Tokyo, Roland Buerk.
Sebelumnya uang tunai setara Rp450 juta juga ditemukan di kawasan bencana. Uang tersebut kemudian diserahkan kepada polisi. Beberapawaktu kemudian juga ditemukan brangkas uang berisi puluhan juta dolar di tengah reruntuhan.(dikutip dari:   http://id.berita.yahoo.com) 
Setelah membaca berita tersebut ternyata di Jepang,  peristiwa seperti itu sudah seringkali terjadi. Menjadi banyak pertanyaan di kepala saya, Apakah ini gambaran kemakmuran dari negeri tersebut, sehingga mereka sudah tidak lagi melihat jumlah atau nominal uang untuk ditinggalkan di tempat umum? Ataukah sebegitu sulitnya untuk mencari penduduk yang dapat menerima sumbangan? Ataukah memang tingkat kejujuran penduduk kota di Jepang mencapai 100 persen, sehingga si penabur uang mearasa yakin dan pede bahwa uangnya akan sampai ketangan yang ia maksudkan. hebat dan sangat hebat !!!
Lalu bagaimana bila peristiwa tersebut terjadi di Indonesia?? Anda para pembaca pasti punya jawaban yang berbeda, silahkan Comment.

http://www.satrianumnet.tk
http://www.jadipenasaran.tk

2 comments:

  1. Anonymous23:01

    1 miliar ntu berapa yah bang???

    ReplyDelete
  2. atu miliar itu sama dengan mata melotot and ngiler kalau kita ngeliatin tuh duitnya.. wk..wk..wkk
    Trims Your Comment's

    ReplyDelete

Terima Kasih Masukan Anda Sangat Berarti bagi Kami