Pages

Saturday

Rupiahku Lagi-Lagi Jadi Perhatian

 
--> Jakarta (ANTARA) - Gubernur Bank Indonesia Darmin Nasution mengatakan pelemahan rupiah terhadap dolar AS sejak Kamis kemarin bukan karena kebijakan BI yang memutuskan penurunan BI rate sebesar 50 basis poin menjadi 6 persen, namun lebih karena sentimen negatif pasar keuangan dunia.
"Pelemahan terjadi pada semua negara `emerging market`, kita selalu mengukur bahwa pelemahan rupiah kita tidak berada di posisi yang terburuk di antara negara-negara itu," kata Darmin di Jakarta, Jumat.
Ia menjelaskan bahwa, penurunan BI rate yang cukup besar pada Kamis kemarin memang akan memicu reaksi pasar seperti dengan memperlemah nilai tukar rupiah.
Namun, semua itu sudah diperhitungkan BI dan tidak akan mempengaruhi fundamental ekonomi Indonesia.
"Bahwa akan ada reaksi pasar itu kita tahu tetapi kita liat akan terukur, sebab fundamental kita ukurannya masih teratas dibanding negara-negara emerging market. Memang akan ada yang menekan atau mengkorner, itu normal dan biasa itu di pasar," katanya.
Tekanan di pasar uang itu, lanjut Darmin juga terlihat dari komentar beberapa analis yang berpendapat negatif atas kebijakan penurunan BI rate ke level terendah selama ini.
"Tapi ini kan bank sentral yang juga harus memikirkan sektor riil dan ekonomi negara ini. Kepentingan mana yang lebih besar," tanya Darmin.
Dikatakannya, penurunan BI rate yang mengejutkan itu didasarkan atas hitungan rasio tingkat keuntungan dan tingkat risiko yang masih lebih tinggi di antara negara emerging market, sehingga dengan perkiraan inflasi yang rendah pada tahun ini dan tahun depan maka BI rate diturunkan 50 basis poin.
Selain itu, penurunan BI rate juga diharapkan bisa mengatasi dampak pelambatan ekonomi dunia dunia, karena dengan BI rate yang rendah maka bunga pinjaman juga diharapkan turun sehingga dapat menggerakkan sektor riil.
Nilai tukar rupiah sejak Kamis kemarin kembali melemah ke posisi Rp8.950 per dolar AS setelah pekan sebelumnya sempat menguat ke posisi Rp8.670 per dolar AS.
Semoga saja keterpurukan rupiah ini benar - benar tidak akan mempengaruhi perekonomian kita. semoga
Sumber Posting: Berita Yahoo.com
http://www.ikutpenasaran.tk

1 comment:

  1. Infonya bagus..

    Saya juga ada info menarik nih,

    Peluang Mencari Dollar
    Dari Program Ricochet Riches (RR).

    Keuntungannya:
    Bisnis Anda laku, website, atau blog yang Anda kelola akan dikunjungi orang dari selruh dunia. Plus Anda mendapatkan Pasif Income setiap hari. Sangat menarik dan sangat menguntungkaaaan.... : )

    http://www.pranataline.com/2012/01/peluang-mencari-dollar-dari-program.html

    ReplyDelete

Terima Kasih Masukan Anda Sangat Berarti bagi Kami